5 Cara Mudah Resep Tempe Bacem Khas Jawa


5 Cara Mudah Resep Tempe Bacem Khas Jawa

Resep Masakan ID- Butuh resep Tempe Bacem Khas Jawa. Emang paling enak makan itu pake Nasi anget yang pulen +Tempe bacem +sayur asem + samber terasi dan juga ikan asin. Makan bersama keluarga dan teman-teman tentu menjadi salah satu pilihan yang makin mengasyikan.  Nah menu tempe bacem dan sayur ini bisa Bunda jadiin menu makan siang Bunda. Penasaran bagaimana cara membuat Tempe Bacem? Yuk simak 5 Cara Mudah Resep Tempe Bacem Khas Jawa berikut ini:

Bahan Utama:

– 1/4 kg  tempe

– 4 buah bawang merah

– 3 buah bawang putih

– ketumbar bubuk

– 4 lembar daun salam

– asam jawa

– gula merah

– garam

– lengkuas

 

Cara membuat 5 Cara Mudah Resep Tempe Bacem Khas Jawa:

  1. Pertama-tama, Haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar
  2. Langkah selanjutnya siapkan panci, Lalu masukkan bumbu halus ke dalam 1 liter air putih, tambahkan lengkuas, asam jawa, gula merah, daun salam dan garam
  3. Langkah ketiga, masukkan tempe yang sudah dipotong ke dalam panci, lalu rebus sampai airnya sat (sedikit).  Kemudian matikan kompor
  4. Langkah selanjutnya panaskan minyak, masukkan tempe yang sudah direbus lalu goreng hingga matang.

Nah itulah 5 Cara Mudah Resep Tempe Bacem Khas Jawa. Semoga Bermanfaat.

 

 

#reseptempe #caramembuat #resep #reseptempebacem

 

Read More:

Resep Burger Ayam Enak

5 Cara Mudah Resep Seblak Basah Khas Bandung Enak

5 Cara Mudah Resep Seblak Basah Khas Bandung Enak


5 Cara Mudah Resep Seblak Basah Khas Bandung Enak

Resep Masakan ID- Siang-siang enaknya makan seblak khas Bandung yang pedas ya sis? Nha bagaimana kalau membuat seblak basah sendiri dirumah? Penasaran bagaimana membuat seblak basah khas Bandung? Yuk simak 5 Cara Mudah Resep Seblak Basah Khas Bandung Enak berikut ini:

Bahan :

  • 260 gram kerupuk
  • 50 gram Makaroni secukupnya
  • 6 siung bawang putih
  • 5 butir bakso (belah 4)
  • 2 buah sosis (iris kecil-kecil)
  • 2 butir telur (diorak-arik)
  • 1 batang sawi
  • 1/3 buah wortel
  • 1 helai daun bawang
  • 2 buah cabai merah
  • 5 buah cabai rawit (kalau mau lebih pedas silahkan ditambah)
  • ebi secukupnya
  • kencur secukupnya
  • Bawang goreng secukupnya
  • gula secukupnya
  • garam secukupnya

5 Cara Mudah Resep Seblak Basah Khas Bandung Enak:

  1. Pertama- tama, rebus kerupuk dan makaroni kurang lebih selama 5 menit. Lalu tiriskan.
  2. Lalu haluskan bawang putih, cabai merah, cabai rawit, kencur, dan sebagian ebi.
  3. Kemudian tumis bumbu halus hingga matang. Masukkan bakso, sosis, sawi, dan juga wortel. Tambahkan air. Masak hingga agak layu.
  4. Langkah keempat, masukkan kerupuk dan makaroni yg sudah direbus dan sebagian ebi yg tidak dihaluskan. masukkan gula dan garam. Aduk hingga rata. Icip-icip.
  5. Sajikan di piring dan beri bawang goreng.

Nah itulah 5 Cara Mudah Resep Seblak Basah Khas Bandung Enak

Read More:

5 Cara Mudah Resep Kue Bawang Renyah Enak Tanpa Telur

Resep Cara Membuat Es Krim Walls Enak Dan Praktis

Resep Praktis Masakan Kepiting Saus Padang Pedas Enak


Resep Praktis Masakan Kepiting Saus Padang Pedas Enak

Resep Masakan ID– Menu masakan seafood memang menjadi menu masakan yang paling diidolakan. Rasanya yang sedap dan gurih menjadi pilihan di saat ingin makan mewah tapi dan enak. Kepiting merupakan salah satu bahan olahan seafood yang paling sering digunakan.

Resep Praktis Masakan Kepiting Saus Padang Pedas Enak
Resep Praktis Masakan Kepiting Saus Padang Pedas Enak

Masakan Kepiting saus padang misalnya pasti akan menggugah selera seluruh anggota keluarga ketika menu ini dihidangkan. Buat bunda yang ingin sekali-sekali masak kepiting saus padang yang enak dan pedas sampai kepedasan dan ingin minum lagi dan lagi. Penasaran Resep Praktis Masakan Kepiting Saus Padang Pedas Enak? Yuk simak selengkapnya dibawah ini:

 

Bahan Kepiting Saus Padang:

  • 3 ekor kepiting telur yang berukuran besar yang masih segar (Masih hidup)
  • 1 liter air
  • 4 sendok makan saus tiram
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam
  • ½ sdt penyedap rasa
  • 1 sendok teh gula
  • 1 butir telur (Kocok lepas)
  • 100 gram  saus cabai
  • 1 batang daun bawang (iris-iris)
  • 1 buah bawang bombay( iris tipis)
  • 1 sdt merica bubuk
  • Minyak goreng secukupnya
  • Garam secukupnya

Bumbu Halus Kepiting Saus Padang:

  • 2 cm  jahe
  • 3 buah kemiri (sangrai)
  • 10 buah cabai rawit merah
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 5 buah cabe keriting

 

Resep Praktis Masakan Kepiting Saus Padang Pedas Enak:

  1. Pertama-tama bersihkan terlebih dahulu kepiting yang hendak diolah. Lalu rebus terlebih dahulu sampai terlihat orang.
  2. Air rebusan jangan dibuang, bisa dijadikan kaldu.
  3. Belah kepiting  menjadi 2 bagian dan beberapa dibiarkan utuh. Sisihkan.
  4. Haluskan bahan bumbu yang sudah dibersihkan dengan menggunakan blender ataupun ulekan.
  5. Siapkan wajan lalu tuang minyak dan panaskan dengan menggunakan api sedang.
  6. Tumis bawang Bombay hingga harum, lalu masukkan bumbu halus, daun salam, daun jeruk. Tumis kembali.
  7. Masukkan kepiting, lalu aduk rata.
  8. Lalu masukkan saus cabai, 4 sendok makan kaldu rebusan kepiting tadi, dam penyedap rasa.
  9. Tunggu hingga mengental. Icip-icip. Matikan api
  10. Lalu sajikan selagi hangat

 

Nah itulah Resep Praktis Masakan Kepiting Saus Padang Pedas Enak yang bisa Bunda Coba dirumah. Semoga Bermanfaat!

*Note: Kualitas Kepiting merupakan hal yang paling penting. Kepiting yang masih segar adalah kepiting yang masih hidup lalu langsung diolah.Saat belanja kepasar, bisa melihatnya dengan melihat mata kepiting tersebut apakah masih bergerak.

Read More:

Resep Praktis Membuat Capcay Kuah Kental Special
Resep Praktis Seblak Bakso Ceker Pedas Khas Bandung

Resep Praktis Membuat Capcay Kuah Kental Special


Resep Praktis Membuat Capcay Kuah Kental Special

Resep Masakan ID- Capcay merupakan salah satu menu masakan Indonesia yang cukup popular. Gak hanya batagor Bandung, Pecel, Soto saja yang terkenal, Di warung makan-warung makan yang ada saat ini pun banayk yang menawarkan menu capcay kuah yang enak. Para konsumen sangat menyukai capcay dengan kuah kental.

Resep Praktis Membuat Capcay Kuah Kental Special
Resep Praktis Membuat Capcay Kuah Kental Special

Ingin membuat capcay yang enak, kental, dan spesial? Yuk simak Resep Praktis Membuat Capcay Kuah Kental Special berikut ini:

Bahan Capcay:

  • Ayam 100 gram (Rebus lalu suwir-suwir)
  • Udang 100 gram (Cuci bersih
  • 1 buah Wortel (iris melintang tipis tipis)
  • 50 gram Kembang kol  (Iris tipis-tipis)
  • 50 gram Daun kol (Iris tipis-tipis)
  • 100 gram Jamur merang/Kancing (Potong jadi 2)
  •  100 gram Sawi putih (Iris tipis-tipis)
  • Seledri 2 batang (Iris kecil-kecil)
  • Sawi hijau 2 batang (potong kecil-kecil)
  • Buncis 2 batang (potong kecil-kecil)
  • Tomat 1 buah (potong menjadi 4 bagian)
  • Air 200 ml

Bumbu Halus:

  • Bawang putih 3 siung ( geprek lalu rajang)
  • Minyak wijen 1 sendok makan
  • Minyak makan 1 sendok makan
  • Lada bubuk 1 secukupnya
  • Saus cabai 3 sendok makan
  • Garam 1 secukupnya
  • Gula pasir ½ sendok teh

Resep Praktis Membuat Capcay Kuah Kental Special:

  1. Pertama-tama, masukkan minyak wijen lalu panaskan
  2. Tumis bumbu hingga harum
  3. Lalu masukkan dan tumis udang dan juga ayam hingga keduanya berubah warna.
  4. Kemudian semua bahan dan juga sayuran dimasukkan, lalu tumis kembali.
  5. Tambahkan air dan garam serta merica bubuk dan juga gula secara bergantian.
  6. Masak hingga sayuran menjadi matang merata dan bumbu bumbu meresap.
  7. Tara…Capcay kuah siap di sajikan.

Nah itulah Resep Praktis Membuat Capcay Kuah Kental Special. Semoga bermanfaat!

Read More:

Resep Praktis Seblak Bakso Ceker Pedas Khas Bandung

Resep Bakpao Mini Karakter Lucu

Resep Praktis Seblak Bakso Ceker Pedas Khas Bandung


Resep Praktis Seblak Bakso Ceker Pedas Khas Bandung

Resep Masakan ID- Apakah kalian ingin mencoba memasak Seblak baso ceker yang enak, pedas, dan gurih disiang hari?  Setelah malam harinya kalian minum kopi ala ngopi doeloe, sekarang bisa dicobain nih makan pedes di siang hari yang enak banget. Jika iya, yuk simak Resep Praktis Seblak Bakso Ceker Pedas Khas Bandung berikut ini:

Resep Praktis Seblak Bakso Ceker Pedas Khas Bandung
Resep Praktis Seblak Bakso Ceker Pedas Khas Bandung

 

Bahan Resep Seblak Bakso Ceker Pedas Bandung

  • 70 gram kerupuk kanji mentah
  • Sosis Dipotong kecil-kecil
  • 4 bakso (Dipotong kecil-kecil)
  • 1 tangkai seledri, cincang.
  • 1 tangkai daun bawang, potong kecil-kecil.
  • Bawang goreng secukupnya (untuk taburan).
  • Garam secukupnya.
  • penyedap rasa secukupnya
  • Minyak goreng untuk menumis.

Bumbu yang Dihaluskan :

  • 8 buah cabai rawit merah (bisa lebih atau kurang tergantung selera).
  • 2 siung bawang merah.
  • 1 siung bawang putih.
  • 1 cm kencur

Cara Membuat Seblak Bakso Ceker Pedas Khas Bandung:

  1. Paertama-tama didihkan air dan rendam kerupuk mentah hingga lumer, lalu angkat kemudian tiriskan
  2. Siapkan wajan, tuang 4 sdm minyak goreng. Tumis bumbu halus hingga harum
  3. Masukkan bakso dan sosis yang sudah diiris, lalu daun bawang dan seledri, aduk rata.
  4. Masukkan kerupuk yang sudah dimasak tadi, aduk lagi. Beri sedikit air.
  5. Masukkan telur kocok dan aduk  hingga rata.
  6. Beri garam beserta penyedap rasa secukupnya.
  7. Biarkan sebentar  hingga air mengental
  8. Tuangkan ke mangkuk atau piring saji dan taburkan dengan bawang goreng
  9. Sajikan selagi hangat

Nah itulah resep mudah untuk membuat seblak. Semoga Resep Praktis Seblak Bakso Ceker Pedas Khas Bandung Bermanfaat ya Bun.

Read More:

Resep Bakpao Mini Karakter Lucu

8 Cara Mudah Membuat Apple Pie Ala McDonald’s

Resep Praktis Bubur Candil Ubi Ungu


Resep Praktis Bubur Candil Ubi Ungu

Bahan Candil Ubi Ungu:

  • 1 buah Ubi ungu
  • 4 sendok makan tepung tapioka

Bahan saus :

  • 1,5 gelas air
  • 1 sendok makan tepung tapioka
  • 10 sendok teh gula pasir
  • Daun pandan (potong2)

Bahan kuah santan :

  • 150 ml santan kental
  • 2 gelas air
  • Sejumput garam (optional)
  • 2 helai Daun pandan (potong-potong kecil)

 


Cheese Cake


Cara membuat Bubur Candil Ubi Ungu:

1. Pertama-tama kukus ubi ungu  yang sudah dikupas kulitnya dan dicuci bersih. Kukus selama kurang lebih 10 -15 menit.

2. Uleni Ubi yang sudah dikukus sambil di tuang tepung tapioka.

3. Bulatkan kecil-kecil Ubi yang sudah diuleni sampai adonan habis. Kemudian masak air hingga mendidih, lalu masukkan satu persatu adonan ubi tadi.

4. Tunggu sampai mengapung, lalu angkat dan cemplungkan ke air dingin.

Cara membuat saus:

1. Siapkan mangkuk, larutkan tepung tapioka dengan air dikit demi sedikit, kemudian masukkan ke dalam panci.
2.  Kemudian tambahkan gula dan daun pandan.
3. Lalu nyalakan api kecil, masak saus tersebut hingga mengental seperti lem. Matikan api dan dinginkan.

Cara membuat kuah santan :

1. Pertama-tama larutkan santan dengan air, lalu pindahkan ke panci.
2. Tambahkan  air santan dengan daun pandan dan garam.
3. Masak dengan api kecil sambil diaduk sampai matang. Matikan api dan sajikan.

Cara penyajian :

1. Pertama-tama ambil 1 centong saus
2. Kedua, tambahkan Candil ke mangkuk, dan siram dengan santan.
3. Lalu beri daun pandan sebagai hiasan. Sajikan.

Bunda jika merasa kurang manis, bisa menambahkan air gula jawa/gula merah. Dijamin makin mantap rasanya. Semoga resep Resep Praktis Bubur Candil Ubi Ungu

 

Read More: 

7 Langkah Mudah Resep Kue Putri Ayu Mawar Enak

Resep Spesial Cheese Cake Lumer Praktis (Kukus)

Resep Cireng Bandung Isi Beef & Cheese Praktis Untuk Usaha


Resep Cireng Bandung Isi Beef & Cheese Praktis Untuk Usaha

Resep Masakan ID- Bunda pernah pasti mencoba cireng Bandung. Bagaimana enak kan? Nah kali ini Bunda juga bisa loh membuat nya sendiri dirumah. Selain bisa menjadi alternatif jajanan anak Bunda di rumah, tapi Bunda juga bisa sekalian usaha. Penasaran bagaimana cara membuat cireng Bandung Isi Beef dan Cheese yang enak dan mudah, yuk simak Resep Cireng Bandung Isi Beef & Cheese berikut ini:

Cireng @foody

BAHAN:

1 bungkus (150gr) tepung kanji
2 sdm tepung terigu,
1/4 sdt baking powder (bisa juga tanpa baking powder)
2 lembar smoke beef dipotong kecil-kecil,.
keju cheddar,.
air hangat,.
tepung roti & telur untuk melapisi,.
minyak untuk menggoreng.

Baca Juga: Bakso Boejangan Kelapa Gading

CARA Membuat Cireng Bandung Isi Beef & Cheese:
1. Campur tepung kanji dengan tepung terigu , aduk rata.
2. Masukkan air hangat sedikit demi sedikit, aduk sampe kalis.
3. Campur smoke beef.
4. Bentuk bola-bola, pipihkan.
Masukkan keju & bulatkan kembali.
5. Celupkan bola ke dlm kocokan telur & tepung roti, ulangi sampe adonan habis.
6. Goreng dlm minyak hangat & api sedang.
Untuk hasil lebih kriuk, simpan bola-bola dalam kulkas kurleb 30 menit sebelum digoreng.

 

Bagaimana resep diatas? Mudah Bukan Bun… Semoga bermanfaat ya Bun…

 

Read More:

Pelajari Cara Mudah Membuat Sosis Ayam & Sapi Homemade

Resep Mudah Kerang Hijau Saus Padang

 

Resep Mudah Kerang Hijau Saus Padang


Resep Masakan ID- Nongkrong di pinggir BKT (Banjir Kanal Timur) smabil makan kerang hijau tentu akan seru jika bersama dengan keluarga ataupun teman terdekat. Makan kerang hijau dengan bumbu yang super pedas. Pas mencoba kuah dari kerang hijau itu.. Seruput enaknya… Nah dari sini tentu akan membuat ngiler toh. “Kalau beli gak bisa makan ramean diruamh dong?” Bisa sih… tapi tentu mengualrkan banyak biaya. Nah untuk menghemat inilah Bunda diwajibkan untuk bisa membuat dirumah sendiri.

Lalu bagaimana cara membuat Kerang Hijau yang super enak +Saus Padangnya? Draipada penasaran dengan itu, yuk simak resep lengkapnya berikut ini:

Resep Mudah Kerang Hijau Saus Padang
Resep Mudah Kerang Hijau Saus Padang

Bahan:

  • 1 kg kerang ijo
  • Air secukupnya untuk merebus
  • 2 ruas jahe, iris tipis
  • 1 sdm garam

Bumbu Halus:

  • 3 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 buah cabai merah besar
  • 6 buah cabai rawit orange

Bahan Saos:

  • 5 sdm saos sambal
  • 2 sdm saos tomat
  • 1 sdm saos tiram
  • 2 sdt gula
  • Garam dan merica secukupnya
  • Air 100ml

Tempat Romantic Dinner Di Jakarta, Yuk Cobain:

 


Cara:

– Pertama-tama persiapkan kerang
– Lalu Cuci bersih kerang. Dan hilangkan kotoran-kotoran (yang menempel di cangkang + serabut)
– Didihkan air, masukkan jahe dan garam. Masukkan kerang, rebus hingga kerang matang.
– Tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan bahan saos, air, perasan jeruk nipis, garam, gula, dan merica. Koreksi rasa. – Masukkan kerang, aduk rata. Angkat, sajikan.

Bagaimana resep membuat Kerang Hijau nya Bun? Mudah bukan.. Bisa langsung dicoba dirumah resep kerang hijau saos padang diatas….

Recipe by @steffanieayu

 

Read More:

7 Restoran Terbaik Yang Wajib Di kunjungi Di Jakarta

Resep Mudah Ayam Udang Goreng Tepung Renyah

Resep Mudah Ayam Udang Goreng Tepung Renyah


Resep Mudah Ayam Udang Goreng Tepung Renyah

Resep Masakan ID- Bunda yang berkeinginan untuk membuat bekal buat Si Kecil, tentu ingin memberikan bekal yang enak dan bergizi. Bekal yang enak dan Bergizi tentu akan memberikan nutrisi yang baik untuk perkembangan anak Bunda. Nah salah satu menu bekal enak dan bergizi adalah Ayam dan Udang Goreng Tepung. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Yuk simak Resep Mudah Ayam  Dan Udang Goreng Tepung Renyah berikut ini:

Resep Mudah Ayam Dan Udang Goreng Tepung Renyah
Resep Mudah Ayam Dan Udang Goreng Tepung Renyah

Bahan kulit:

  • 4 butir telur
  • 120 cc susu
  • 3 sdt tepung terigu
  • garam secukupnya
  • merica secukupnya

Cara : semua kocok jd satu .. bikin dadar tipis tipis .. sisihkan

Bahan pelapis:

  • 2 butir telur (kocok lepas)
  • tepung roti secukupnya

 

Bahan isi:

  • 240 gr ayam ( cincang halus
  • 250 gr udang ( cincang kasar
  • 1 batang daun bawang ( iris tipis-tipis)
  • 1/2 buah bawang bombay ( cincang kasar
  • 2 siung bawang putih ( haluskan)
  • 1 butir telur
  • 2 sdt minyak wijen
  • garam secukupnya
  • penyedap secukupnya
  • merica secukupnya

Referensi Udang Enak dari Foody.id Enak yang bisa Bunda Coba nih:

udang pancet bandar djakarta
credit by foody.id

Cara Mudah Ayam Udang Goreng Tepung Renyah:

  1. Ambil wadah, campur semua bahan isian sampai rata
  2. ambil selembar bahan kulit yang sudah jadi .. isi dengan bahan isian.
  3. Gulung  bahan tersebut kemudian kukus
  4. Dinginkan & potong serong adonan tadi
  5. Celupkan kedalam kocokan telur
  6. kemudian taburi ke tepung roti. Ulangi hingga adonan habis
  7. kemudian goreng dengan api sedang
  8. Angkat dan sajikan dengan Saus.

Bagaimana? Mudah bukan Bun? Semoga Resep Mudah Ayam Udang Goreng Tepung Renyah bermanfaat!!

 

Recipe by Oleh @ni2k_, Modif by Team@resepmasakanid.

 

Read More:

Resep Masak Kepiting Rajungan sambal tauco Enak & Praktis

Cara Membuat Ayam Goreng Pandan Bumbu Spesial

Resep Enak Dan Praktis Tori No Teba


Resep Enak Dan Praktis Tori No Teba

Resep Masakan ID- Bunda punya bahan dasar daging ayam? Bunda pingin masak apa nih dari daging ayam tersebut? Bagaimana kalau membuat tori no teba? Tori No Teba merupakan salah satu masakan asia yang cukup populer. Penasaran bagaimana Resep Enak Dan Praktis Tori No Teba? Yuk simak Resep Enak Dan Praktis Tori No Tebaberikut ini:

Resep Enak Dan Praktis Tori No Teba
Resep Enak Dan Praktis Tori No Teba

Bahan Dasar Tori No Teba:

  • 7 buah sayap ayam potong [tarik kulit smpe ke pangkal ujung sayap..potong tulang dan dagingnya (bersihkan)]

Bahan Isian :

-250gr daging ayam cincang/giling

-3siung bawang putih goreng lalu parut

-2buah roti tawar (buang kulitnya, lalu  rendam di 60 ml susu remas remas buang airnya)

-1sdm bwg merah goreng

-1/2sdt merica bubuk

-1sdm kecap manis

-1sdm kecap tiram

-1sdt bubuk kaldu

-1/2sdt garam

-1sdm gulapasir

-1 telor


Mau Tahu Seputar Ayam Kremes Keraton Yang Enak Bun? Klik Link nya Dibawah Ini:

Ayam kremes keraton Foody

Ayam kremes keraton Foody 

 


Cara Membuat Tori No Teba:

-Pertama-tama campur jadi satu bahan isian sampe tercampur rata

-Kemudian ambil sayap ayam isi dgn bahan isian dgn sendok teh smbil ditekan tekan spy padat

-Selanjutnya ketuk ketuk kantong kulit spy bagian sayap terisi penuh dan padat

-Terakhir goreng di api yg paleng kecil dan minyak panas kurleb 15menit

Nah itulah Resep Enak Dan Praktis Tori No Teba. Semoga bermanfaat Bun…

Recipe by @faraleyama, Thanks for the recipe.

 

Read More: 

Resep Mudah Sambal Pencok Kacang Panjang Khas Sunda

Resep Nasi Goreng Pedas Spesial